Program Rantang Kasih Menyasar 88 Lansia, Wawali Bontang Lega

TERASKATAKALTIM.COM, BONTANG – Program rantang kasih Pemerintah Kota Bontang resmi dilaunching, Selasa (1/3/2022).

Kepala Dinas Sosial Bakhtiar Mabe mengatakan, program rantang kasih ini menyasar sebanyak 88 orang, yang tersebar di tiga kecamatan.

Meliputi Kecamatan Bontang Utara sebanyak 28 orang, Kecamatan Bontang Selatan 32 orang dan Kecamatan Bontang Barat sebanyak 28 orang.

“Sasaran program rantang kasih ini terdiri dari kategori lansia, miskin dan terlantar,” ujar Bakhtiar saat menyampaikan sambutan di Pendopo Rumah Jabatan, Jalan Awang Long, Kecamatan Bontang Utara, Selasa (1/3/2022).

Untuk mekanisme distribusi program rantang kasih, dijelaskan Bakhtiar dilakukan dengan cara mengantarkan makanan siap saji. Jadwal pengantaran sebanyak dua kali di waktu siang pada pukul 10.00 Wita dan pukul 17.00 Wita untuk makan malam.

Untuk pemilihan makanannya juga dilakukan melalui verifikasi Dinas Kesehatan.

“Yang pasti kami utamakan gizinya. Apalagi kayak lansia yang ada penyakit bawaan, kita kasih catatan agar misalnya dikurangi garamnya,” bebernya.

Untuk pengelolaan program rantang kasih ini dijelaskan Bakhtiar merupakan program swakelola, di mana sepenuhnya pemerintah menyerahkan program ini kepada Kelompok Masyarakat di tiga kecamatan di Bontang.

“Program ini disepakati dalam bentuk swakelola, jadi kami (pemerintah) hanya pendampingan saja,” timpalnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengapresiasi terlaksananya program rantang kasih ini. Sebab sangat membantu warganya yang membutuhkan. Khususnya kaum lansia.

Apalagi program ini merupakan program prioritas Wali Kota dam Wakil Wali Kota saat pemilihan kepala daerah, kini dapat ditunaikan.

“Akhirnya satu program kita bisa terealisasi lagi, dan kami merasa lega. Mudah-mudahan program lain kita bisa secepatnya terealisasi,” ucapnya. (yuk/int)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *