Amir Tosina : Ekskavator Milik Pemkot Bisa Dimanfaatkan Warga

TERASKATA.COM, BONTANG – Amir Tosina, Ketua Komisi III DPRD Bontang berharap, pengadaan ekskavator yang dilakukan pemkot tahun ini, dapat mempercepat mengatasi permasalahan banjir di Kota Taman. Bahkan Politisi Gerindra itu meminta agar unit ekskavator tersebut ketika dibutuhkan warga, bisa dipinjamkan.

“Dulu kan sering ada informasi warga urunan menyewa alat berat untuk kerja bakti. Sekarang dengan adanya tambahan unit dari pemkot, bisa dimanfaatkan warga. Silahkan saja bersurat ke pemkot,” imbaunya saat dikonfirmasi, Selasa (24/10/2023).

Namun pria yang akrab disapa Atos itu menyebut, peminjaman tidak dilakukan secara mandiri. Namun bersurat melalui kelurahan masing-masing. Alhasil ketika ada terjadi kerusakan saat peminjaman, maka tanggung jawab anggaran perbaikan ada di kelurahan.

Diketahui, akhir tahun ini Pemkot Bontang kembali membeli satu unit ekskavator amphibi dengan pagu anggaran Rp 4,9 miliar menggunakan APBD Perubahan. Pengadaannya menggunakan skema e-katalog. Selain itu, pemkot juga bakal membeli kendaraan self loader, yakni kendaraan yang dapat mengangkut ekskavator. Nilai anggaran yang disiapkan Rp 1,7 miliar. Tahun lalu, pemkot juga telah membeli truk, dua ekskavator mini, dan satu long arm. Nilainya mencapai Rp 4,5 miliar.

Sebagai informasi, permasalahan banjir masih menjadi momok di Bontang, terutama saat hujan deras tiba, baik di wilayah dalam kota maupun daerah yang berbatasan dengan Kota Taman. Ekskavator dinilai mampu menjadi sarana prasarana (sapras) yang wajib dimilki Bontang untuk menormalisasi sungai. (adv)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *