Dispora Kaltim Sosialisasi Pemberdayaan Karang Taruna Guna Tingkatkan Indeks Pembangunan Pemuda

TERASKATAKALTIM — Sosialisasi pemberdayaan karang taruna Pemuda digelar di Hotel Kriyad Sadurangas, Kabupaten Paser, Rabu (08/11).

Dalam kesempatan itu, Kepala Bidang Pemberdayaan Pemuda Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim), Bahri mewakili Kepala Dispora Kaltim HM Agus Hari Kusuma membuka kegiatan tersebut.

Sebelumnya diberitakan, Indeks Pembangunan Pemuda (IPP) Kalimantan Timur (Kaltim) sedang mengalami penurunan.

Bahri menjelaskan Karang Taruna merupakan unsur penting dalam memberdayakan kepemudaan di Kaltim. Dengan itu, diharapkan IPP bisa meningkat.

“Salah satu alasan kenapa karang taruna ini diaktifkan kembali adalah untuk pemberdayaan semua pemuda di Kaltim dalam rangka upaya meningkatkan IPP di Kaltim,” jelas Bahri.

Adapun kegiatan sosialiasi itu merupakan kerja sama antara Dispora dan Dinsos Provinsi Kalimantan Timur yang menyasar pengaktifan kembali karang taruna.

Hasil sosialisasi tersebut diharapkan semua karang taruna di tingkat Kabupaten Paser dan kecamatan dapat terbentuk dalam tahun 2023.

“Dari hasil kegiatan itu, peserta sosialisasi sepakat bahwa akan membentuk/mengaktifkan kembali karang taruna. Bagi yang habis masa kepengurusannya segera dibentuk pada bulan November 2023,” tutur Bahri.

Di sela-sela sosialisasi, Dispora Kaltim juga menyerahkan bantuan kepada karang taruna kabupaten dan kecamatan yang ada di Kabupaten Paser.

“Penyerahan bantuan itu diterima secara simbolis melalui Dinas Sosial Kabupaten Paser. Selanjutnya pihak Dinsos yang akan mendistribusikan kepada karang taruna tingkat kecamatan,” tandasnya. (adv/dispora)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *