Kelopak Mata Bengkak, Kenali 12 Penyebab dan Cara Mengobatinya

TERASKATAKALTIM — Mata bengkak sering membuat tidak nyaman. Terutama kalau diikuti rasa perih yang luar biasa.

Tidak jarang mata bengkak juga menyebabkan penurunan kadar percaya diri apalagi jika ada tuntutan bertemu dengan banyak orang.

Nah, bagi kamu yang sedang mengalami mata bengkak, ketahui penyebab mata bengkak kamu serta cara cepat dan efektif untuk meredakan rasa nyerinya.

1. Bintitan

Pastinya kamu pernah dengar kata bintitan? Bintil yang mirip jerawat, bahkan terkadang terdapat bintik warna keputihan di bagian kelopak mata disebut juga hordeolum. Bintitan disebabkan oleh peradangan atau infeksi di kelenjar kelopak mata bagian atas maupun bawah.

Bagian kelopak mata kita terdapat pori-pori kecil yang mudah dimasuki oleh kulit mati, kotoran, dan minyak. Hasilnya, bakteri dapat tumbuh dan menyebabkan mata bengkak.

Hordeolum merupakan penyebab mata bengkak yang paling umum disertai dengan kelopak mata bengkak, gatal, dan berwarna merah. Biasanya bintitan akan hilang sendirinya, namun ada beberapa cara untuk mempercepat proses penyembuhan mata bengkak ini:

a. Kompres hangat di bagian bintitan selama 10 menit, 4 kali per hari.
b. Hindari penggunaan kosmetik dan kontak lensa.
c. Gunakan salep mata bengkak atau obat antibiotik topikal dengan kandungan seperti Erythormycin dan Bacitracin.
d. Bersihkan kelopak mata bengkak dengan sabun bayi atau saline solution.

2. Alergi

Mata bengkak dan berair bisa disebabkan oleh alergi mata. Debu, kotoran, atau serbuk sari akibat perubahan cuaca dapat memicu reaksi alergi bagi kamu yang sensitif.

Penyebab mata bengkak ini jarang menimbulkan efek negatif yang berlebihan dan dapat hilang dengan sendirinya jika kamu menghindari dari alergen tersebut.

Untuk mengobati mata bengkak sebab alergi, kamu bisa mengonsumsi Antihistamin atau obat pereda reaksi alergi seperti Benadryl. Tetes air mata juga bisa meredakan rasa gatal dan kering pada mata.

3. Kurang Tidur

Salah satu penyebab mata bengkak yang cukup umum adalah kurang tidur loh! Pembuluh darah di bagian bawah mata dapat melebar dan terlihat merah-kebiruan. Selain itu, rasa gatal, kering, dan mata berwarna merah juga disebabkan oleh kurang tidur.

Jangan mengucek mata kamu karena dapat menyebabkan infeksi dan gunakan tetes air mata untuk melembabkan mata jika diperlukan. Cara cepat untuk menghilangkan mata panda akibat kurang tidur yang bisa dicoba:

a. Basahkan dua kantong teh di air dingin dan letakkan di bagian kantung mata beberapa menit.
b. Kandungan asam tanat dalam teh dapat memperbaiki pembuluh darah yang menyebabkan mata bengkak.
c. Pastikan kamu istirahat yang cukup untuk mencegah mata sembab dan menjaga kesehatan. Rajin olahraga juga bisa melepaskan stres dan membantu para insomnia.

4. Menangis Terlalu Lama

Mata sembab setelah menangis semalaman? Jaringan pembuluh darah di bagian mata dan kelopak mata bisa robek dan menyebabkan mata bengkak. Mata sembab ini bisa membuat penampilan terlihat sakit dan letih lesu.

Kamu bisa memanfaatkan witch hazel, karena kandungan di dalamnya bisa meredakan inflamasi dan mata merah. Beberapa cara efektif menghilangkan mata sembab setelah menangis:

Gunakan kompresan kain dingin.
a. Cuci dan potong mentimun dingin, lalu letakkan di kedua mata bengkak.
b. Pijat secara halus di bagian mata sembab untuk merangsang aliran darah.
c. Gunakan witch hazel pada kapas, lalu kompres bagian mata selama 5-10 menit. Komposisi witch hazel bisa meredakan inflamasi dan mata merah.

5. Blefaritis

Inflamasi pada kelopak mata yang disebab oleh bakteri di dekat bulu mata disebut juga blefaritis. Kulit berminyak dan serpihan putih seperti ketombe di bagian bulu mata cenderung memicu blefaritis.

Mata bengkak ini dapat menyerang semua usia dari dewasa sampai anak. Gejala Blefaritis umumnya disertai dengan kerontokan pada bulu mata, sensitif pada cahaya, dan mata yang berair.

Untuk mengobati mata bengkak ini, dokter dapat memberikan salep obat mata antibiotik. Kamu juga bisa mengompres dengan kain hangat dan berhenti menggunakan kosmetik hingga gejala mereda.

6. Saluran Air Mata Tersumbat

Pernah merasakan mata yang terus berair disertai dengan warna kemerahan dan belek mata yang berlebihan? Bisa jadi saluran air mata kamu tersumbat loh!

Beberapa faktor seperti penambahan usia terutama pada wanita, penyakit glaukoma, atau mata yang sering iritasi (konjungtivitis) lebih berisiko mengalami penyumbatan saluran air mata.

Bayi atau anak dibawah 1 tahun sangat rentan dengan masalah mata ini. Biasanya saluran air mata tersumbat tidak membahayakan, dan dapat dihilangkan dengan perlahan-lahan memijat area tersebut untuk meredakan tekanan pada saluran.

Namun, ada beberapa kasus di mana bakteri dan virus dapat tumbuh dan menyebabkan infeksi mata bengkak.

Pencegahan mata bengkak ini bisa melalui kebersihan sehari-hari seperti sering membersihkan mata kotor, menjaga kebersihan lensa kontak, dan sering mengganti kosmetik eyeliner dan mascara.

7. Kosmetik

Mungkin kamu sering menggunakan kosmetik mata seperti eyeshadow atau eyeliner? Ada beberapa penyebab mata bengkak akibat kosmetik yang harus kamu ketahui.

Sebagian orang mengalami reaksi alergi dari komposisi di dalam kosmetik atau skincare dan menyebabkan gejala seperti kelopak mata merah dan gatal. Kalau kamu menyangka hal ini, berhenti menggunakan produk tersebut.

Ganti dengan produk yang lebih lembut seperti produk hypoallergenic dan tanpa kandungan fragrance. Kuas makeup yang kotor juga bisa memicu mata bengkak loh! Jadi, jangan lupa untuk membersihkan kuas makeup-mu.

Produk kosmetik dan skincare yang masuk ke mata juga bisa mengiritasi bagian mata kamu dan menyebabkan mata bengkak dan sakit. Jika ini terjadi dengan kamu, gunakan tetes air mata untuk membersihkan kotoran tersebut.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *