Wakil Ketua DPRD Kaltim Beri Kuliah Umum untuk Mahasiswa Fisip Unmul

TERASKATAKALTIM — Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Seno Aji memberi kuliah umum kepada mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), Program Studi Ilmu Pemerintahan, Universitas Mulawarman (Unmul) di Kantor DPRD Kaltim, Jumat (03/11).

Dihadiri puluhan mahasiswa, Seno Aji memberi kuliah umum terkait dengan kepemimpinan khususnya dalam wilayah legislatif.

Legislator Gerindra itu menjelaskan perannya sebagai Wakil Ketua DPRD Kaltim yang bekerja untuk kepentingan masyarakat.

“Sebagai wakil pimpinan DPRD, visi misi kita itu adalah kepentingan rakyat, bisa memayungi seluruh masyarakat, dengan fungsi legislasi kita bisa membuat aturan yang memberikan keberpihakan kepada masyarakat,” katanya.

Lebih jauh Seno menjelaskan rincian tugas pokok dan fungsi (tupoksi) DPRD sebagai lembaga legislatif.

“Semisal hak-hak DPRD. Diantaranya mempunyai hak interpelasi, angket dan menyatakan pendapat. DPRD juga mempunyai hak mengajukan Raperda,” ucapnya.

“Mengajukan pertanyaan, memilih dan dipilih, membela diri, imunitas, mengikuti orientasi dan pendalaman tugas, hak protokoler, keuangan dan administratif,” tambahnya.

Dihadapan mahasiswa, Seno juga menjelaskan bahwa keberhasilan suatu kepemimpinan bisa diukur dari cara menjalankan posisi penting yang kita pangku dalam pemerintahan.

Seperti mengambil keputusan strategis, mengelola sumber daya serta mempengaruhi perilaku dan kebijakan sumber daya pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan serta kemajuan bagi masyarakat yang dipimpin.

Sebelum menutup materinya, Seno Aji berpesan kepada para mahasiswa agar tekun mendalami ilmu pengetahuan untuk masa depan mereka.

“Saya titip kepada teman-teman mahasiswa untuk terus belajar ilmu sedalam-dalamnya dan jangan alergi untuk belajar tentang ilmu politik,” tandasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *