Cetak SDM Unggul, Ketua DPRD Kaltim Minta Perguruan Tinggi Tingkatkan Kapasitas dan Kualitas

TERASKATA.COM, KALTIM – Hasanuddin Masud, Ketua DPRD Kaltim, meminta perguruan tinggi di Bumi Mulawarman, bisa meningkatkan kapasitas dan kualitas.

Hal itu disampaikan Hasan Masud, saat menjadi narasumber di agenda Forum Group Discussion (FGD) Asosiasi Badan Penyelenggara Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (ABPPTSI) Wilayah Kalimantan Timur, Kamis (1/3/2023) kemarin.

Hasan menyampaikan peningkatan kapasitas ini penting dilakukan, untuk mengejar tenaga kerja perguruan tinggi swasta di Kaltim mencapai 40 persen doktor.

“Agar perguruan tinggi swasta di Kaltim banyak yang memiliki akreditasi A (unggul) sehingga mampu bersaing dalam menyambut Ibu Kota Nusantara (IKN). Perguruan tinggi kita ini kan akreditasinya baru C (lebih baik), D (baik). Begitu masuk ke IKN pasti diminta unggul,” ujar Hasan Masud.

Selain itu, dirinya mendorong kesiapan perguruan tinggi dalam menyambut Ibu Kota Nusantara akan berkaitan dengan infrastruktur, suprastruktur, dan alokasi pendanaan.

“Diperlukan sinergi baik pemerintah daerah maupun pemerintah pusat agar dapat mendukung perguruan tinggi swasta berkompetisi di IKN,” tegasnya.

Melalui kolaborasi itu, maka penyiapan sumber daya manusia bisa lebih maksimal untuk menghadapi Ibu Kota Nusantara. (ADV/DPRDKALTIM)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *