DPRD Kaltim Bertemu Jajaran PLN, Pembangkit Listrik Tenaga Air dan Surya Mulai Diterapkan

TERASKATA.COM, KALTIM – Muhammad Samsun, Wakil Ketua DPRD Kaltim, beberapa waktu lalu menerima kunjungan General Manager (GM) PLN Unit Induk Pembangunan (IUP) Kaltim.

Dalam kunjungan itu, Josua Simanungkalit, General Manager (GM) PLN, menjelaskan saat ini, pihaknya sudah mulai beralih untuk menggunakan pembangkit listrik tenaga air dan surya untuk pemenuhan kebutuhan listrik masyarakat.

“Hal ini sejalan dengan langkah Pemerintah Indonesia dalam mencapai target Net Zero Emission (NZE) pada 2060,” ungkap Josua.

Pada kesempatan itu juga dibahas masalah ketersediaan listrik di daerah pedalaman, daerah tertinggal dan daerah terluar, yang belum mendapatkan listrik.

Sehingga diharapkan PLN memiliki terobosan atau program yang berfokus ke daerah-daerah tersebut.

Samsun menjelaskan, kedatangan jajaran petinggi PLN Kaltim tersebut selain bersilaturahmi juga mengundang pimpinan DPRD Kaltim, untuk datang pada peresmian proyek Smelter Nikel PT Kalimantan Ferro Industry (KFI) di Sanga-Sanga, Kutai Kartanegara (Kukar).

Ia lanjutkan bahwa pada pertemuan itu juga disampaikan bahwa PLN sedang membenahi jaringan penyambungan listrik di IKN.

Jaringan listrik PLN  tersebut  terkoneksi  antar provinsi yakni  Kaltim, Kalsel, Kalteng dan Kaltara.

“Jadi pasokan listrik di Kaltim di suplay dari provinsi lainnya di Kalimantan, sehingga kita bisa merasakan tidak ada lagi pemadaman bergilir, kecuali memang ada terjadi gangguan,” katanya. (ADV/DPRDKaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *