BPJAMSOSTEK gelar Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas di Pasar Telihan Bontang

TERASKATA.COM – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BPJAMSOSTEK Cabang Bontang menggelar kegiatan Aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas untuk memberikan edukasi kepada pedagang atau pelaku ekonomi sektor informal akan pentingnya manfaat dari program BPJS Ketenagakerjaan.

Dalam kegiatan yang digelar di Pasar Telihan, Bontang, Kalimantan Timur, Rabu pagi, Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Purwokerto Dahlia Libriana memaparkan berbagai program yang ditawarkan BPJAMSOSTEK beserta manfaatnya kepada para pedagang, pengunjung pasar, maupun masyarakat umum.

Hanya dengan iuran mulai dari Rp16.800 per bulan, kata dia, para pedagang yang merupakan pekerja sektor informal atau bukan penerima upah (BPU) bakal mendapatkan perlindungan program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Kematian (JKM).

“Bagi pedagang, tukang becak, ojek, dan sebagainya, kalau mengalami kecelakaan kerja dan telah terdaftar sebagai peserta BPJAMSOSTEK, akan dibantu biaya pengobatannya sampai sembuh,” katanya.

Bahkan jika kecelakaan kerja itu mengakibatkan meninggal dunia, kata dia, ahli waris akan mendapatkan santunan kematian kecelakaan kerja sebesar Rp70 juta dan beasiswa sebesar Rp174 juta bagi dua anak yang ditinggalkannya guna menempuh pendidikan hingga perguruan tinggi.

Sementara untuk program JKM, lanjut dia, bagi peserta yang meninggal dunia maka ahli warisnya akan mendapatkan santunan sebesar Rp42 juta yang terdiri atas santunan kematian Rp20 juta serta santunan berkala yang dibayarkan sekaligus Rp12 juta dan biaya pemakaman Rp10 juta.

Menurut dia, pedagang, tukang ojek, dan sebagainya juga bisa mengikuti program Jaminan Hari Tua (JHT) hanya dengan menambah iuran sebesar Rp20.000 per bulan, sehingga total menjadi Rp36.800 per bulan.

“Program JHT ini sebagai tabungan dengan hasil pengembangan berprinsip bagi hasil yang bisa diambil ketika sudah tidak bekerja lagi. Tentu saja tanpa adanya potongan biaya administrasi,” kata Dahlia.

Dalam kegiatan tersebut BPJAMSOSTEK Cabang Bontang juga menggandeng radio Eska FM Bontang guna menyiarkan secara langsung kegiatan aktivasi Pasar Kerja Keras Bebas Cemas di Pasar Telihan kepada masyarakat Kota Bontang.

“Kami berinteraksi secara langsung kepada para pedagang dan pengunjung pasar sekaligus mempromosikan program kami melalui brosur, pamflet, serta menyiapkan booth guna mengakuisisi dan mengedukasi kepada pedagang atau pelaku ekonomi sektor informal yang ada di Pasar Telihan,” jelas Dahlia.

Dahlia mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak atas dukungan penyelenggaraan jaminan sosial ketenagakerjaan dan berjalannya kampanye Kerja Keras Bebas Cemas, negara melalui BPJS Ketenagakerjaan ingin memastikan seluruh pekerja Indonesia sejahtera, mereka dapat bekerja secara keras dan optimal, risiko yang mungkin timbul dari pekerjaan silahkan alihkan kepada kami BPJS Ketenagakerjaan. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *