Singgung Soal Studi, Dispora Kaltim Minta Kampus Berikan Keringanan Bagi Atlet POMNAS

TERASKATAKALTIM — Kepala Dispora Kaltim, Agus Hari Kesuma (AHK) melalui Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga, Masturi Akbar Tapipullah mengaku bangga atas prestasi yang ditorehkan kontingen Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional (POMNAS) XVIII Kaltim.

Pasalnya Kontingen POMNAS berhasil masuk 10 besar dalam pertandingan yang digelar di Kalimantan Selatan.

“Kita berhasil meraih 10 besar pada POMNAS tahun ini, tepatnya diperingkat 7 di bawah tuan rumah Kalsel yang berada di posisi 6. Sebelumnya, Kaltim tidak masuk 10 besar,” jelas Masturi Akbar Tapipullah, Jumat (24/11).

Masturi Akbar Tapipullah demi mengapresiasi keberhasilan tersebut mengungkapkan para atlet berhak mendapatkan insentif yang menjamin masa depan mereka. Salah satunya, keringanan dalam menyelesaikan masa studi.

“Ya, salah satunya kampus harus memberikan kemudahan bagi para atlet dalam menyelesaikan kuliah mereka. Sebab, para atlet ini telah berjuang tidak hanya membawa nama Kalimantan Timur, tapi juga membawa nama kampusnya,” tuturnya.

Masturi khawatir, ke depan para atlet akan enggan berlaga di POMNAS apabila terjadi masalah yang bisa mengancam studi mereka.

“Selain itu juga pihak kampus bisa memberikan beasiswa kepada mereka. Sebab, para atlet ini telah berjuang demi nama daerah dan kampusnya. Ini juga sebagai bentuk apresiasi kepada atlet-atlet kita,” tuturnya.

Dirinya juga berharap agar para atlet yang berlaga membawa nama daerah dan kampus memiliki jaminan seperti asuransi.

“Misalnya, saat berlaga ditingkat nasional dan internasional, atlet kita cidera dan harus pensiun karena cidera itu, hal ini tentu tidak menguntungkan bagi atlet kita. Untuk (itu), mereka juga perlu dilindungi asuransi,” tandasnya. (adv/dispora)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *