Tingkatkan Prestasi Atlet, Dispora Usul Pengadaan Fakultas Olahraga di Kaltim

TERASKATAKALTIM — Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kalimantan Timur (Kaltim) mengusulkan agar kampus-kampus di Kaltim membuka Fakultas Olahraga.

Tujuannya tak lain untuk memenuhi kebutuhan ilmu pengetahuan para atlet tentang keolahragaan secara lebih mendalam di Perguruan Tinggi.

Kepala Bidang(Kabid) Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kaltim, Masturi Akbar Tapipullah mengungkapkan keberadaan fakultas olahraga di perguruan tinggi negeri sangatlah penting dan dibutuhkan.

“Kami sudah usul mengadakan Fakultas Olahraga di Universitas Mulawarman. Usulan kami ini sementara diproses,” kata Mustari Akbar.

Hal itu mengingat, ada penurunan angka prestasi olahraga di Kalimantan Timur (Kaltim). Salah satu kendala yang dia sampaikan karena tidak adanya Fakultas Olahraga di Perguruan Tinggi Negeri.

Selain itu, dia juga menjelaskan Kalimantan Timur belum memaksimalkan pembibitan anak usia dini. Padahal, calon atlet itulah yang akan menjadi tumpuan olahraga Benua Etam di masa depan.

“DKI Jakarta, Jawa Timur, Jawa Barat, dan Jawa Tengah selalu meningkat prestasinya lantaran mereka sudah mempersiapkan calon atletnya sejak dini. Maka, tidak heran saat ada event-event nasional dan internasional, atlet dari empat daerah itu jadi langganan Timnas di beberapa cabang olahraga,” jelasnya.

Terakhir, dia juga meminta kepada pengurus Cabang Olahraga (Cabor) di Kaltim untuk serius dalam mengurus Cabor mereka agar meraih prestasi di tingkat nasional dan internasional.

“Pengurus juga harus serius menangani Cabor. Ini demi prestasi Kaltim kita kedepan,” tandasnya. (adv/dispora)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *