ABPD Kaltim Tembus Rp 20 T, Syafruddin Minta Pemprov Perhatikan Semua Sektor

TERASKATAKALTIM — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Syafruddin meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) untuk memberi perhatian pada semua sektor.

“Iya, semua sektor harus menjadi perhatian khusus oleh Pemprov Kaltim, contohnya infrastruktur jalan dan jembatan, dan itu harus benar-benar dirasakan masyarakat,” katanya, Senin (06/11).

Kabarnya, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim akan menyentuh angka 20T lebih. Tepatnya Rp 20,675 trilliun.

Menurutnya dengan angka segitu, merupakan hal yang sangat memungkinkan agar penggunaan APBD diperuntukkan untuk suatu agenda atau rencana yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan/kepentingan masyarakat.

Sebelumnya, diketahui, APBD itu telah disetujui oleh Pemerintah Provinsi dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) beberapa bulan lalu.

Untuk itu, Pemprov diminta untuk mendata daerah yang jalannya sangat tidak layak untuk dapat ditindaklanjuti segera.

“Segera diperbaiki dan diperluas aksesnya agar masyarakat dapat menikmati transportasi lancar dan nyaman. Uang dengan senilai Rp 20,675 triliun itu, Pemprov harus memaksimalkan pemanfaatannya,” jelasnya.

Tak hanya jalan, Wakil Ketua Komisi III DPRD Kaltim itu juga meminta Pemprov Kaltim untuk perhatikan sektor pertanian dan kesehatan. Sebab, kedua sektor itu juga bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Pertanian dan perkebunan dalam arti luas di Kaltim harus diprioritaskan Pemprov juga ya. Sebab ini lumbung ketahanan pangan bagi masyarakat. Kemudian dari sektor kesehatan harus menjadi perhatian khusus,” terangnya.

Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu mengatakan Pemprov harus jeli melihat proses pembangunan yang ada di Kaltim.

“Pendidikan juga sektor yang harus diperhatikan meskipun udah punya anggaran pasti 20 persen dari jumlah APBD. Saya yakin pemerintah pusat juga memperhatikan daerah ini demi mendukung pembangunan IKN dan kesejahteraan masyarakat Kaltim,” pungkasnya. (adv/dprd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *