Beri Solusi Agar Sektor Pariwisata Kaltim Dilirik Wisatawan, Ini Dia Kata Rusman Ya’qub

TERASKATAKALTIM — Kalimantan Timur adalah salah satu daerah tujuan wisata dengan potensi budaya dan pariwisata yang tak kalah menariknya dengan tujuan wisata lain di Indonesia.

Beragam objek wisata yang ada disediakan oleh alam dan objek wisata buatan Kalimantan menjadi destinasi yang mendukung kepariwisataan di daerah ini.

Kabarnya, salah satu objek wisata yang memiliki potensi besar untuk memikat banyak turis adalah Sangkulirang Rock Arts yang berada di Kutai Timur.

Menyadari ini, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Rusman Ya’qub tak tinggal diam.

Dia memberikan solusi agar sektor pariwisata Kaltim makin dilirik para wisatawan.

Rusman menyampaikan solusi paling mendasar sekaitan dengan akselerasi pembangunan dan pengembangan aksesibilitas menuju destinasi wisata.

Baik itu destinasi antar kawasan, kabupaten dan kota maupun antar ibu kota kabupaten, kecamatan dan antar destinasi yang terkoneksi di Kalimantan Timur.

“Pembangunan dan pengembangan destinasi itu sendiri harus barbasis pada digitalisasi dan tata kelola yang berbasis masyarakat. Selain itu, peningkatan kapasitas SDM pengelola destinasi wisata harus ditingkatkan,” kata Rusman Ya’qub, Senin (30/10/2023) malam.

Legislator Partai Persatuan Pembangunan (PPP) itu juga memaparkan perlunya promosi paket perjalanan wisata yang masif melalui berbagai sarana komunikasi yang berbasis teknologi digitalisasi.

Agar, sosialisasinya bisa semakin meluas dan akhirnya dikenal banyak orang.

Hal ini, menurut Rusman, membutuhkan kerja sama tim yang baik dari setiap pihak yang mengambil peran.

“Perlunya mendorong terwujudnya kerjasama kolabaratif dengan semua pemangku kepentingan (multi stakeholder) pelaku wisata untuk terwujudnya kepastian harga paket kunjungan wisata,” jelasnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *