Agiel Suwarno Ajak Semua Pihak Cegah Kebakaran Hutan di Kaltim

TERASKATAKALTIM — Anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Agiel Suwarno menyoroti kasus kebakaran hutan yang tidak jarang terjadi di Kalimantan Timur.

Provinsi yang dipersiapkan sebagai ibu kota baru Indonesia itu terbilang jauh dari kata aman. Ratusan titik panas dan rawan kebakaran hutan ditemukan tiap harinya.

Menurut Agiel, maraknya kebakaran hutan di beberapa wilayah Kaltim bisa saja karena kelalaian semua pihak.

Karena itu, baik warga maupun pemerintah setempat sepatutnya berupaya serius menindak lanjuti bencana yang terjadi di Benua Etam itu.

“Harus dihentikan dan ditindak tegas, karena dampak lingkungan sangat berbahaya dengan kondisi hutan ini habis melawati musim panas. Jadi hutan banyak yang kering dan rentan terbakar,” kata Agiel, Kamis (26/10).

Dirinya menegaskan pemerintah harus memerhatikan segala risiko yang ada di Kaltim ini terutama menyangkut kebakaran hutan yang sangat dikhawatirkan akan berdampak buruk pada kesejahteraan warga.

Politisi Partai PDI Perjuangan itu juga menyinggung terkait kondisi Kaltim yang dipenuhi perusahaan.

Baginya, sikap tegas dari aparat hukum amat diperlukan.

“Pemerintah harus mengantisipasi dengan seluruh perangkatnya untuk mengingatkan bahaya kebakaran hutan. Tentunya aparat penegak hukum harus dilibatkan apalagi kalau yang membakar ada keterlibatan corporate (perusahan) maka harus ditindak tegas,” tandas pria kelahiran Banjarmasin itu. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *