Agus Haris Minta Pemkot dan Perusahaan Sinergi untuk Kesejahteraan Masyarakat Gusung

TERASKATA.COM, BONTANG – Agus Haris, Wakil Ketua DPRD Bontang, mendorong kolaborasi antara pemerintah dan perusahaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir, terutama di Pulau Gusung, Kelurahan Guntung, Kecamatan Bontang Utara.

Menurut Agus Haris, kondisi masyarakat Gusung saat ini masih mengkhawatirkan, terutama dalam hal pendidikan, peningkatan ekonomi, infrastruktur, dan akses terhadap air bersih.

“Kita dapat melihat bahwa masih banyak yang perlu diperbaiki dan diperhatikan di Pulau Gusung,” kata pria yang akrab disapa AH itu, (22/8/2023).

Pulau Gusung berada di wilayah pesisir Bontang dan berdekatan langsung dengan PT Pupuk Kaltim dan berbagai anak perusahaan lainnya. Agus Haris percaya bahwa perusahaan-perusahaan tersebut memiliki tanggung jawab sosial terhadap masyarakat di sekitarnya. Dengan demikian, kolaborasi antara pemerintah dan perusahaan adalah langkah yang penting.

Beberapa tindakan yang dapat dilakukan meliputi peningkatan infrastruktur, bantuan dalam meningkatkan mata pencaharian masyarakat, dan dukungan dalam memecahkan masalah air bersih.

Agus Haris juga mencatat bahwa pengelolaan wilayah laut dan pesisir seringkali terkendala oleh regulasi, seperti UU Nomor 23/2014 tentang Pemerintahan Daerah, yang membatasi kewenangan pemerintah daerah kabupaten/kota dalam hal ini.

Namun, dengan mengacu pada pasal 18 UU Nomor 11/2020 tentang Cipta Kerja, beberapa ketentuan dalam UU Nomor 27/2007 tentang Pengelolaan Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil mengalami perubahan. Hal ini memberikan harapan dalam mendorong aspirasi masyarakat pesisir.

Agus Haris menekankan pentingnya sinergi dalam pengelolaan wilayah pesisir dan menyatakan bahwa hal ini tidak boleh diabaikan. Kolaborasi dan sinergi antara pemerintah, perusahaan, dan masyarakat adalah kunci untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengatasi kendala-kendala yang dihadapi oleh masyarakat Pulau Gusung dan daerah pesisir lainnya. (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *