Dukung Kemandirian Fiskal, BW Dorong OPD Berinovasi Maksimalkan PAD

TERASKATA.COM, BONTANG – Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang, meminta agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bontang bisa dioptimalkan. Hal ini dalam rangka mendukung peningkatan kemandirian fiskal.

Politisi Nasdem itu menyebut, setiap OPD di lingkup Pemkot Bontang perlu diakomodir dari sekarang, lantaran sangat berpotensial untuk meningkatkan pendapatan daerah. Mulai dari sektor pariwisata, pembangunan berkelanjutan, tata ruang, hingga pendidikan dan sektor lain yang juga bisa dimanfaatkan.

“Jangan hanya pajak kecil-kecil ,” ujarnya saat menyampaikan intrupsi di Rapat Paripurna DPRD, Senin (07/08/2023).

Pria yang akrab disapa BW ini meminta Pemkot Bontang segera berkoordinasi bersama jajaran OPD di bawahannya untuk menciptakan inovasi. Diharapkan nantinya setiap OPD bisa memaksimalkan potensinya untuk menghasilkan retribusi daerah sebagai bentuk kemandirian fiskal.

Sebagai informasi, dua Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) inisiatif Pemerintah Kota Bontang, kini telah masuk dalam proses pandangan fraksi-fraksi DPRD Bontang. Dua Raperda inisiatif ini yaitu terkait pajak daerah dan retribusi daerah, dan Raperda tentang pencabutan Peraturan Daerah Kota Bontang Nomor 1 Tahun 2016 tentang Rencana Detail Tata Ruang dan Peraturan Zonasi Tahun 2016-2036. (adv)

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *