Agus Haris Ajak Masyarakat Amalkan Nilai-nilai Pancasila

TERASKATA.COM, BONTANG – Tanggal 1 Juni merupakan peringatan Hari Lahir Pancasila. Hal ini merujuk pada momen BPUPKI dalam merumuskan dasar negara Republik Indonesia. Adapun tema yang diusung dalam peringatan Hari Pancasila tahun 2023 ini yakni “Gotong Royong Membangun Peradaban dan Pertumbuhan Global”

Melalui momentum itu, Wakil Ketua DPRD Bontang menyampaikan pesan agar masyarakat di Kota Bontang bisa mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Salah satunya, yakni tetap menjaga persatuan dan kesatuan.

“Harapan saya, semoga seluruh masyarakat Kota Bontang bisa bersama-sama untuk mengamalkan dari nilai – nilai dalam Pancasila,” ujarnya, usai mengikuti Upacara Hari Lahir Pancasila di Halaman DPM-PTSP, Jalan Awang Long Bontang Baru, Kamis (01/06/2023).

Selain itu, menurut Agus Haris, nilai-nilai Pancasila ini sangat penting untuk ditanamkan bagi setiap individu dalam menjalankan kehidupan sehari-hari dan merupakan simbol Pedoman hidup bangsa Indonesia yang berisi lima dasar tentang jati diri bangsa Indonesia.

“Pancasila adalah pedoman. Kalau kita memahami nilai sila itu, tentu kita harus bisa mengaktualisasikan diri dalam kehidupan sehari-hari kita. Karena sila-sila Pancasila itu menggambarkan tentang Pancasila sebagai Pedoman Hidup Bangsa Indonesia dalam berbangsa dan bernegara bagi manusia Indonesia seluruhnya dan seutuhnya,” timpalnya.

Selain itu, menurut AH sapaan akrabnya berharap pemerintah daerah maupun legislatif juga bisa memberikan fasilitas kepada masyarakat sesuai asas Pancasila.

“Seluruh aktivitas tentunya harus bermuara kepada mengamalkan dari nilai-nilai luhur Pancasila,” beber Politisi Partai Gerindra ini.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengatakan, melalui momentum Hari Pancasila ia meminta agar masyarakat senantiasa menjunjung tinggi semangat gotong royong dalam membangun peradaban yang berkelanjutan dan berkontribusi pada pertumbuhan global.

“Melalui semangat gotong royong, kita dapat menciptakan peradaban yang maju, berkeadilan, dan berkelanjutan. Juga dengan kerja sama dan kebersamaan, kita dapat memberikan kontribusi nyata bagi pertumbuhan global yang berkelanjutan,” ungkapnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *