Dewan Minta DLH Pangkas Pohon di Jalan Ciptomangunkusumo

TERASKATA.COM, BONTANG – Ketua Komisi III DPRD Bontang Amir Tosina menyarankan kepada pemerintah melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) agar memangkas pohon yang mulai rimbun di sepanjang Jalan Ciptomangunkusumo, Kelurahan Gunung Elai, Kecamatan Bontang Utara, Kota Bontang.

Menurutnya, pemangkasan ini perlu segera dilakukan untuk menghindari terjadinya bahaya, seperti pohon tumbang saat hujan deras dan angin kencang yang bisa menimpa pengendara.

“Apalagi saat ini pohon-pohonnya banyak yang condong ke jalan. Jangan sampai patah menimpa pengendara yang lewat,” ujarnya, saat rapat dengar pendapat (RDP) bersama DLH, Senin (29/5/2023).

Merespon hal itu, Kepala Bidang (Kabid) Perencanaan Lingkungan Hidup dan Keanekaragaman Hayati DLH Kota Bontang Andi Hasanuddin mengucapkan banyak terima kasih atas usulan tersebut.

Menurutnya, pemangkasan itu memang perlu segera dilakukan demi kenyamanan para pengendara yang akan melintas. Ia pun mengaku, bahwa pihaknya telah melakukan pemangkasan terhadap pohon-pohon yang mulai tinggi dan menghalangi tiang listrik.

“Untuk sebagian wilayah sudah kami sisir dan pangkas pohon-pohonnya yang mulai tinggi dan membahayakan,” terangnya.

Namun, untuk pemangkasan pohon-pohon tua dan tingginya di atas 5 meter Ia mengaku cukup kesulitan. Lantaran keterbatasan alat yang dimiliki.

“Jadi kendala memang ada di pohon-pohon yang tua dan tinggi  di wilayah PKT. Jadi kita pinjam alat di Dinas Perkim untuk crane. Karena DLH belum punya crane untuk memangkas pohon yang tingginya di atas 5 meter,” tandasnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *