Agus Haris Dukung Rencana Pemkot Naikkan Gaji Honorer 

TERASKATA.COM, BONTANG – Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang Agus Haris mengapresiasi rencana pemerintah yang akan menaikkan gaji bagi tenaga honorer, guru pesisir, dan dokter senior.

AH sapaan akrabnya mengatakan penambahan gaji ini merupakan salah satu bentuk apresiasi terhadap kinerja para tenaga honorer yang bersentuhan langsung dengan masyarakat.

“Saya setuju-setuju saja kalau pemerintah mau naikkan gaji honorer, itu berkaitan dengan kinerjanya,” ujarnya, Sabtu (29/4/2023).

Meski demikian, Ia meminta pemerintah terlebih dahulu melakukan kajian atau berhitung secara matang sebelum mewujudkan rencana tersebut.

“Ini mungkin juga sudah dalam pengamatan pemerintah sejak lama dan APBD juga naik. Jadi pemerintah harus juga lakukan kajian minimal analisa beban kerja yang jadi patokan dasar sebagai tolak ukur menaikkan gaji honorer yanh perlu difikirkan dari sisi kesejahteraan sebagai perlindungan sosial,” timpalnya.

Selain itu, Politikus Partai Gerindra ini menyarankan agar pemerintah menambah tunjangan dan uang transportasi bagi tenaga honorer yang ada di wilayah pesisir.

“Contohnya, honorer di pesisir Gusung dan Malahing pasti berbeda beban kerjanya dengan honorer yang di kota. Apalagi dilihat dari kesulitan akses mereka ke sana pasti berbeda,” imbuhnya.

Sementara itu, berkaitan dengan nominal tambahan gaji ini menurut AH pemerintah harus melihat kemampuan keuangan daerah. Misalnya, jika kenaikan gaji menggunakan APBD yang bersumber dari Dana Bagi Hasil (DBH) maka pemerintah harus menghitung secara cermat dan seksama. Berbeda jika pemerintah menggunakan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Angka PAD sudah dapat diprediksi, karena pemkot sendiri yang memungut dan mengontrolnya.

“Karena kalau dari DBH ini nominal nya tidak tentu setiap tahunnya, bisa saja tahun ini banyak tapi belum tentu tahun depan banyak lagi. DBH itu kan bergantung pada pembagian dari pemerintah pusat, yang mendapatkan setoran dari perusahaan di Bontang. Jadi angkanya tidak bisa dipastikan,” terangnya. (ADV)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *