Presiden Jokowi Agendakan Berkemah di Titik Nol IKN

TERASKATAKALTIM.Com, Samarinda Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengagendakan berkemah di Titik Nol Ibukota Negara Baru (IKN), di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur.

Demikian diungkapkan Gubernur Provinsi Kalimantan Timur, Isran Noor. Menurutnya rencana berkemah di titik nol kawasan IKN sebagai bentuk keseriusan Presiden Jokowi dalam pembangunan IKN baru di Kaltim.

“Pak Presiden akan bermalam, berkemah di titik nol (IKN). Waktunya masih diatur. Tapi tidak lama lagi,” ujar Isran Noor di acara silaturahmi di Pendopo Odah Etam, Samarinda, Rabu (2/2/2022).

Rencana berkemah di titik nol itu, disampaikan Presiden Joko Widodo. Saat rapat singkat di VIP Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Sepinggan, seusai pengukuhan PBNU di Balikpapan Sport Center and Convention Dome Balikpapan, Senin (31/1/2022).

Menurut Isran Noor, pada pertemuan hanya diikuti oleh tiga orang. Dirinya, Presiden Jokowi dan Menteri Sekretariat Negara Pratikno.

Saat berkemah nanti, Presiden Jokowi akan mengundang para tokoh adat di Kaltim. Mulai tokoh adat Kutai, Dayak, Paser, Berau, Banjar, Bugis dan Jawa.

Salah satu acara yakni menampilkan karya seni budaya dari beragam suku di Kaltim. Selain itu, akan dilakukan doa bersama demi kelancaran pemindahan IKN.

Isran sudah meminta sekretaris daerah untuk berkoordinasi dengan sekretariat negara untuk mempersiapkan rencana kunjungan presiden Jokowi itu. Untuk pembiayaan seluruh proses penyelenggaraan acara akan ditanggung oleh Sekretariat Negara.

“Pengaturan lokasinya akan ditentukan oleh Kementerian PUPR, TNI dan Polri,” ujar Isran.

Gubernur Isran mengatakan, rencana berkemah di titik nol IKN adalah bukti kuat, Presiden Jokowi sangat serius dengan mimpi besarnya memindahkan ibu kota negara ke Sepaku, Penajam Paser Utara.

Apalagi, DPR RI telah memberikan dukungan dengan disahkannya RUU IKN menjadi UU pada 18 Januari 2022 lalu.

“Ini berkah luar biasa bagi Kaltim dan pemerataan pembangunan bagi Indonesia,” ujar Isran.(*/yud)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *