Hemat Anggaran, BW Saran agar Cleaning Service Pasar Dikelola TKAD

TERASKATAKALTIM.COM – Anggota Komisi II DPRD Bontang, Bakhtiar Wakkang menyarankan pemerintah agar Cleaning Service Pasar dikelola oleh Tenaga Kerja Alih Daya (TKAD).

Menurutnya, jika cleaning service dikelola TKAD akan menghemat pengeluaran dibanding dikelola oleh pihak ketiga yang kini dikelolah oleh PT Bumi Bangkirai Mandiri (BBM).

“Tugasnya pemerintah bagaimana mengefesiensi hal-hal yang menyangkut dengan kebocoran anggaran,” ujarnya kepada media, Jumat (5/11/2021).

BW -sapaan akrabnya, menjelaskan jika TKAD yang mengelola anggaran cleaning service pasar, maka anggaran yang terpakai hanya mencapai Rp 2,6 miliar.

Sementara, ketika pihak ketiga yang mengelola cleaning service pasar, anggaran yang dikeluarkan sebanyak Rp 4,7 miliar, sedang Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang didapatkan dari pasar hanya mencapai Rp 1,2 miliar.

Artinya, ujar BW, pemkot dalam hal ini Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Perdagangan (Diskop-UKMP) Bontang bisa irit anggaran sebanyak Rp 2,1 miliar.

“Kalau mau honorkan aja semua, kalau honor itu cuma Rp 2,6 miliar,” ujarnya.

Ia pun mendorong agar di tahun 2022 nanti, cleaning service dialihkan ke TKAD. Karena, status kontrak kerja pihak ketiga saat ini masih berjalan hingga Desember 2021.

Sedangkan untuk teknis, menurutnya TKAD bisa mengelola dan memaksimalkan cleaning service pasar. Pun UPT Pasar bisa meninjau langsung kerja cleaning service di lapangan. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *