Anggota DPRD Kutim Dorong Pemerintah Perhatikan Masalah Layanan Kesehan di RS Muara Bengkal

KUTAI TIMUR – Legislator Kabupaten Kutai Timur (Kutim), Novel Tyty Paembonan menyoroti masalah layanan kesehatan di Rumah Sakit (RS) Pratama Kecamatan Muara Bengkal.

Menurutnya RS tersebut membutuhkan tenaga Dokter Spesialis untuk pelayanan kepada masyarakat.

“Harus menjadi perhatian khusus. Karena persoalan pelayanan kesehatan kepada masyarakat tidak bisa dianggap sepele,” ujar politikus Partai Gerinda itu belum lama ini.

Menurutnya, Dokter Spesialis sangat penting  karena memiliki peran dalam menyediakan pelayanan kesehatan sekunder setelah dari praktik dokter umum.

Ia juga meminta agar pemerintah lewat instansi terkait harus benar-benar jeli untuk melihat keperluan dokter spesialis.

Apalagi Rumah Sakit Pratama Muara Bengkal cukup jauh dari pusat pemerintahan dan perkotaan. Menurutnya, paling tidak di rumah sakit tersebut memiliki empat dokter spesialis masing-masing di bidangnya. Yaitu, dokter spesialis penyakit dalam, spesialis anak, obstetri dan ginekologi, serta spesialis kandungan dan bedah.

“Jika empat dokter spesialis ini bisa dipenuhi, tentu dapat membantu mengakomodir kebutuhan warga. Apalagi ketika perlu rujukan, sangat jauh jangkauannya menuju pusat kota,” terang pria yang juga anggota Komisi A DPRD Kutai Timur itu.

Menurutnya, keberadaan dokter spesialis harus melihat kebutuhan yang ideal. Jika suatu rumah sakit sudah mumpuni pelayanan dan anggarannya, tentu sangat membantu masyarakat.

“Jadi ketika masyarakat terkena penyakit jantung atau hipertensi misalnya, dan sudah ada dokter spesialis penyakit tersebut di sana, maka tidak perlu jauh lagi ke daerah yang memiliki dokter spesialis,” imbuhnya.

Munurutnya, salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting untuk dipenuhi pemerintah, yaitu soal kesehatan. Sehingga dirinya meminta pemerintah untuk mengambil langkah agar segera melakukan tindak lanjut demi kebutuhan dokter spesialis. (Adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *