Gelar Sosbang, Sutomo Jabir Ingatkan Masyarakat Agar Tidak Mudah Diadu Domba

TERASKATAKALTIM — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Sutomo Jabir menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan di kampung Bebanir Bangun, Kecamatan Sambaliung, Kabupaten Berau, Kaltim, Selasa (21/11).

Legislator PKB itu menjelaskan empat konsensus kebangsaan yakni Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI.

“Kita merefleksi ingatan masyarakat kita tentang sejarah perjalan negara kita, hingga menjadi negara kesatuan meski terdiri dari banyak suku, agama, ras, golongan, adat dan budaya dan ribuan Pulau,” ujarnya.

Jabir mengatakan tujuannya untuk menambah rasa cinta tanah air. Agar masyarakat tidak mudah terprovokasi dan tergiur oleh aliran-aliran sesat yang memecah persatuan dan kesatuan bangsa.

Kata pria yang akrab disapa Jabir ini, dia berharap penguatan nilai-nilai pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika dan NKRI harus selalu melekat di dalam diri.

“Saya berharap kita adalah masyarakat yang berbeda-beda. Mulai dari perbedaan agama, suku dan adat istiadat, jika kita lengah maka kita akan mudah diadu domba oleh pihak-pihak yang ingin menghancurkan bangsa Indonesia,” harapnya.

“Sikap toleransi ke sesama, kita harus selalu junjung tinggi agar kita selalu kuat dalam persatuan dan kesatuan antar sesama rakyat Indonesia khususnya di wilayah Kampung Bebanir Bangun dan Kabupaten Berau pada umumnya,” tutupnya.

Adapun kegiatan itu dihadiri ketua RT, tokoh masyarakat, tokoh agama, tokoh adat dan tokoh pemuda. (adv/dprd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *