Anggota DPRD Kaltim Gelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan Menjelang Tahun Politik, Ingatkan Masyarakat untuk Saling Menghargai

TERASKATAKALTIM — Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Muhammad Adam menggelar sosialisasi wawasan kebangsaan ke-6 di Kota Balikpapan.

Anggota Komisi II DPRD Kaltim itu mengatakan demi memperkuat ideologi pancasila dan karakter kebangsaan, sosialisasi wawasan kebangsaan sangat diperlukan bagi masyarakat.

“Kami melakukan ini untuk masyarakat dan generasi muda, bukan hanya mengetahui namun dapat mengimplementasikan di keseharian masyarakat,” ujarnya.

Hal itu mengingat, masyarakat Indonesia tengah menuju tahun politik. Kekhawatiran soal keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) karena perbedaan politik sangat rentan terjadi.

“Momen ini pas sekali untuk disampaikan, agar kita tidak terpecah belah dari dalam,” katanya.

Dirinya menuturkan perbedaan itu sesuatu yang wajar, sisa bagaimana cara merespon perbedaan itu dengan dewasa sehingga tidak terjadi perbenturan di kehidupan sosial.

“Indonesia suatu kebanggaan tersendiri bagi saya, sebab menjaga toleransi adalah masih sangat diimplementasikan dan itu sangat terlihat di kehidupan sehari-hari,” ungkapnya.

“Inilah yang harus kita rawat, 4 pilar kebangsaan yakni Pancasila , UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI untuk diimplementasi di keseharian kita, menjadikan fondasi kuat dalam persatuan dan kesatuan bangsa,” sambungnya.

Sosialisasi itu diikuti ratusan masyarakat, tokoh agama, pendidikan, pemuda serta para narasumber. (adv/dprd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *