Soroti Akses Pendidikan di Kukar, Anggota DPRD Kaltim: Perlu Investasi Lebih Besar

TERASKATAKALTIM — Ketua Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim) Akhmed Reza Fachlevi angkat bicara terkait masalah pendidikan Kaltim khususnya di Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Menurut dia, meskipun terdapat sejumlah sekolah yang berkualitas di daerah Kukar, namun masih ada beberapa hal yang perlu dibenahi. Salah satunya masalah aksesibilitas pendidikan.

“Kutai Kartanegara memiliki wilayah yang luas dan terdiri dari banyak desa-desa terpencil. Hal ini membuat sulit bagi beberapa anak untuk mengakses sekolah dengan mudah,” katanya.

Menghadapi itu, dirinya mengungkapkan beberapa solusi. Seperti menyarankan perbaikan transportasi.

“Jadi diperlukan upaya untuk memperluas jaringan transportasi dan meningkatkan aksesibilitas pendidikan di daerah ini,” sambungnya.

Pasalnya, kualitas pendidikan harus senantiasa diperhatikan. Walaupun terdapat sekolah-sekolah yang berkualitas menurutnya hal itu tak bisa jadi tolak ukur suksesnya pendidikan apalagi jika tidak terjadi pemerataan.

“Nyatanya masih ada kekurangan dalam hal fasilitas dan sumber daya pendidikan. Diperlukan investasi yang lebih besar dalam infrastruktur pendidikan, pelatihan guru, dan pengembangan kurikulum untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerah ini,” tegasnya.

Legislator Partai Gerindra itu menjelaskan sebenarnya Kukar memiliki potensi yang besar dalam bidang pendidikan. Hanya saja, belum dimaksimalkan.

“Daerah ini kaya akan sumber daya alam, dan pendidikan dapat menjadi jalan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat setempat. Dengan memanfaatkan potensi ini, Kukar dapat mengembangkan program pendidikan yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan masyarakat,” jelasnya

Lebih jauh ia menjelaskan pemerintah daerah, sekolah, dan masyarakat perlu bekerja sama untuk mengatasi tantangan dan memanfaatkan potensi dalam meningkatkan kondisi pendidikan di Kukar.

“Dengan upaya bersama, diharapkan pendidikan di daerah ini dapat berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi anak-anak dan masyarakat setempat,” pungkasnya. (adv/dprd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *