Hari Kesehatan Nasional, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim Singgung Pemerataan Pelayanan Rumah Sakit

TERASKATAKALTIM — Setiap 12 November diperingati sebagai Hari Kesehatan Nasional (HKN). Peringatan HKN ke-59 hari ini mengangkat tema “Transformasi Kesehatan untuk Indonesia Maju”.

Untuk itu, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kalimantan Timur (Kaltim), Akhmed Reza Fachlevi menyerukan pola hidup sehat kepada masyarakat.

“Di Hari Kesehatan Nasional ini, mari kita galakan pola hidup sehat, baik secara jasmani dan rohani. Serta bersama-sama menjaga kesehatan baik di lingkungan rumah, pekerjaan, fasilitas umum dan lainnya,” kata Akhmed.

Selain berolahraga, Ketua Komisi IV DPRD Kaltim itu mengungkapkan untuk menjaga pola makan sebagai salah satu gaya hidup sehat. Menurutnya, kasus kekurangan gizi sudah sepatutnya tidak ditemukan lagi.

“Mari makan dengan pola seimbang, konsumsi makanan bergizi, dan hindari makanan yang tidak sehat. Jangan ada lagi masyarakat khususnya anak-anak yang kurang gizi dan sehat,” ucapnya.

Tegas Akhmed Reza, pemerintah harusnya meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan terhadap masyarakat. Selain itu, meratanya pelayanan di rumah sakit pemerintah maupun swasta harus menjadi perhatian.

“Pelayanan kesehatan yang dilaksanakan pemerintah terus ditingkatkan untuk masyarakat. Apalagi kita lihat masih banyak perbedaan pelayanan di rumah sakit baik milik pemerintah maupun swasta,” tegasnya.

Tak hanya itu, dia juga menyinggung soal kesejahteraan tenaga kesehatan yang dinilai masih sangat minim.

“Kemudian tenaga kesehatan, kesejahteraannya harus meningkat. Sebab perhatian pemerintah masih sangat minim salah satunya uang jasa pelayanan,” sambungnya.

Dia berharap pelayanan kepada masyarakat dapat berjalan optimal dan semua rumah sakit yang ada di Kaltim harus meningkatkan pelayanan dengan mengimplementasikan pelayanan prima yang baik kepada masyarakat.

“Dari segi pelayanan harus ditingkatkan untuk semua layanan kesehatan masyarakat,” tandasnya. (adv/dprd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *