Momen Hari Pahlawan, Akhmed Reza Fachlevi Titip Pesan untuk Generasi Muda

TERASKATAKALTIM — Ketua Komisi IV DPRD Kalimantan Timur (Kaltim) Akhmed Reza Fachlevi mengajak para pemuda menyambut Hari Pahlawan sebagai bentuk penghargaan atas jasa dan pengorbanan para pahlawan dan pejuang.

“Menurut saya, ada banyak yang bisa dilakukan untuk menghormati dan menghargai jasa pahlawan, terutama kita sebagai anak muda,” katanya.

Pemahaman atas sejarah perjuangan pahlawan menurutnya hal yang harus ditanamkan dalam diri setiap pemuda. Sebab, dengan adanya pemahaman sejarah maka penghormatan atas jasa pahlawan lebih dapat dihayati.

“Pertama, penting bagi anak muda mempelajari sejarah perjuangan pahlawan dan mengerti peran mereka dalam memperjuangkan kemerdekaan dan kebebasan negara. Dengan memahami sejarah, kita bisa menghargai pengorbanan dan perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan,” bebernya.

Untuk itu, Reza mengajak para pemuda untuk menghormati jasa pahlawan dengan menjaga dan menerapkan nilai-nilai persatuan, keadilan, kebebasan, dan demokrasi. Dia mengatakan anak muda bisa berperan aktif dalam memperjuangkan nilai-nilai tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

Adapun tak kalah penting menghargai veteran yang masih hidup dan keluarga pahlawan yang telah berjuang sebagai bentuk penghormatan jasa pahlawan.

“Perlu ada program sekolah atau kampus untuk mengunjungi dan berinteraksi dengan veteran, mendengarkan cerita mereka, serta memberikan penghargaan dan bantuan kepada keluarga pahlawan yang masih hidup. Ini untuk meningkatkan semangat juang kita semua,” tegasnya.

Dia juga mendorong generasi muda berpartisipasi dalam kegiatan sosial yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

“Misalnya membuat kegiatan penggalangan dana untuk yayasan veteran, mengajarkan sejarah kepada generasi muda, atau terlibat program sosial yang membantu masyarakat,” ujarnya.

Terakhir menurutnya anak muda harus menjadi inspirasi bagi orang lain dan berperan aktif dalam membangun bangsa.

“Anak muda hendaknya mengembangkan potensi diri, berkontribusi dalam bidang yang diminati, dan mencapai prestasi yang menginspirasi generasi muda lainnya,” tuturnya. (adv/dprd)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *