Agiel Suwarno Tanggapi Isu Aset Daerah Bakal Dikelola Pihak Ketiga

TERASKATAKALTIM – Beredar isu yang menyebut aset milik Pemerintah Provinsi (Pemrov) Kalimantan Timur (Kaltim) akan diambil alih oleh pihak ketiga untuk dikelola.

Lantaran beberapa aset itu, sebut saja Hotel Atlet dan Stadion Palaran, dalam kondisi yang sangat tidak terurus.

Tujuan aset tersebut dikelola pihak ketiga tentunya untuk meminimalisir kerugian dan agar manfaat dari aset itu dapat digunakan sebagaimana fungsi utama pengadaannya.

Mendengar ini, Anggota DPRD Kaltim, Agiel Suwarno ikut menanggapi.

Menurut Agiel, Pemprov Kaltim menemui beberapa kendala dalam mengelola beberapa asetnya. Kendala terbesar itu yakni persoalan anggaran pemeliharaan yang besar.

“Selama ini kan pembangunan ini mangkrak. Kita sadarilah itu. Kita mengerti, mungkin pemerintah punya kendala dengan pendanaan dan sebagainya. Tapi jika dipihakketigakan bagus juga,” kata Agiel, Kamis (2/11).

Jika aset daerah tersebut kata Agiel didorong untuk dikelola oleh pihak ketiga, maka perjanjian kontraknya mesti diperjelas. Karena menurutnya, jangan sampai ketika aset-aset daerah itu dilimpahkan, justru yang lebih untung adalah pihak ketiga.

“Setahu saya aset pemerintah itu kan dikelola oleh pemerintah ya. Tetapi kalau ada keinginan dikelola oleh pihak ketiga, saya pikir kan harus ada perjanjian. Nah perjanjiannya seperti apa. Itu yang harus kita tahu dulu, konsepnya bagaimana,” jelas Agiel.

“Kita berharap, jika memang ada pihak ketiga nantinya, kita di DPRD diberitahu kontraknya seperti apa. Jangan sampai seperti beberapa aset-aset kita di daerah tuh, perjanjiannya tidak menguntungkan. Atau mungkin pembagiannya, menurut kita, lebih banyak menguntungkan pihak ketiga, saya pikir harus dievaluasi,” tegasnya.

Politisi PDI Perjuangan itu menambahkan, seluruh aset daerah di Benua Etam harus dibenahi dan dikembangkan agar menambah Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Kalau menurut saya, harus ada evaluasi menyeluruh terhadap aset-aset kita. Karena sampai hari ini, aset-aset kita itu dalam kondisi yang sangat-sangat tidak menguntungkan,” imbuh Agiel.

Kedepannya, Dia berharap, aset pemerintah harus berfungsi dengan baik. Selain juga bisa menghasilkan PAD (adv)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *