Sutomo Jabir : Desa Senambah dan Munupan Siap Nikmati Listrik PLN

TERASKATAKALTIM — Belum meratanya pengadaan listrik, mendorong anggota DPRD Kaltim, Sutomo Jabir, terus memperjuangkan pengadaan listrik di beberapa desa.

Tercatat 199 desa sampai hari ini belum merdeka dengan listrik.

Dirinya dan sejumlah pihak terkait seperti PLN dan Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kaltim terus melakukan komunikasi untuk mencari solusi bersama.

Ada dua desa yang dipastikan Sutomo akan segera menikmati listrik PLN, yakni Desa Senambah dan Munupan.

“Saya mendorong terutama agar desa-desa konstituen saya bisa teraliri listrik. Saya sudah berkordinasi dengan PLN paling lambat jaringan listrik tahun depan dipastikan bisa masuk”

Sutomo mengungkapkan ada beberapa permasalahan teknis yang menghambat pengadaan listrik di beberapa daerah.

“Pemerintah pusat dan pihak terkait pengadaan listrik sudah memprogram dan mendukung maksimal agar desa-desa segera mendapatkan jaringan listrik. Namun beberapa desa belum mencapai titik temu”, ungkap Sutomo kepada wartawan Teraskata Kaltim, Rabu, (11/2023).

Pasalnya, selain adanya kendala dari beberapa masyarakat yang belum membebaskan lahannya, kendala utamanya beberapa desa masih merupakan wilayah yang membutuhkan ijin masuk dari PT. Kayan Hidro Energi.

“PLN tidak bisa masuk karena ada PT. Kayan Hidro Energi yang memiliki ijin wilayah. Solusinya ada dua, PT. Kayan Hidro Energi segera mengambil peran pembangunan listrik, atau memberikan peran itu kepada PLN untuk membangun pembangkit listrik”, tegasnya. (Adv – DPRD Kaltim)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *