Program Gema Kebangsaan Resmi Dilaunching, Yudi Satria Ajak Warga Jaga Kebersihan Lingkungan

TERASKATA.COM, BONTANG – Program Gerakan Masyarakat Tidak Membuang Sampah Sembarangan (Gema Kebangsaan) Kelurahan Api-api resmi dilaunching.

Program tersebut dilaunching oleh Camat Bontang Utara Zainuddin, di BPU Kecamatan Bontang Selatan, Senin (02/10/2023) lalu.

Dalam sambutannya, Zainuddin menyampaikan rasa bangga dan apresiasi terhadap aksi perubahan yang diluncurkan ini. Dia sangat mendukung gerakan perubahan yang diinisiasi oleh Kasi Pemerintahan dan Trantib Kelurahan Api-Api, Yudi Satria Candra.

Sementara itu, Yudi Satria Candra mengungkapkan, program ini bertujuan untuk merubah pola pikir masyarakat agar menerapkan 3R, yaitu Reuse, Reduse dan Recycle. Serta tentunya untuk mewujudkan Kota Bontang yang lebih bersih dan sehat.

Lanjutnya, gerakan ini melibatkan Lembaga Kemasyarakatan Kelurahan (LKK) dan masyarakat di wilayah Kelurahan Api-api. Dimana nantinya, ada agen Gema Kebangsaan yang terdiri dari 42 orang dari setiap RT yang bertugas mengawasi warga yang masih membuang sampah sembarangan.

“Agen ini juga berfungsi sebagai pemberi edukasi kepada masyarakat di lingkungan masing-masing RT,” ucapnya.

Terakhir, Yudi Satria berharap lewat program ini, kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan semakin meningkat. Sebab menurutnya, keterlibatan semua pihak diperlukan untuk menangani persoalan sampah.

“Kami mengajak masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan sekitar,” ajaknya.

Usai acara launching, dilanjutkan dengan sosialisasi/pembekalan bagi Agen Gema Kebangsaan terkait pengelolaan sampah yang disampaikan oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Bontang.

Kemudian pemaparan terkait dampak sampah terhadap kesehatan yang disampaikan oleh perwakilan Puskesmas Bontang Utara 1. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *