Usai Geledah Rumah Dinas Syahrul, KPK Temukan Uang Puluhan Miliar hingga Senjata Api

TERASKATAKALTIM — Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan penggeledahan di rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo yang terletak di kompleks perumahan menteri, Jalan Widya Chandra, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (29/9) kemarin.

Diketahui sebelumnya, beberapa sumber dari aparat penegak hukum yang mengetahui pengusutan kasus tersebut menyatakan tiga nama yang dianggap telah ditetapkan sebagai tersangka.

Tiga tersangka dimaksud antara lain Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo, Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kementan Kasdi Subagyono, serta Direktur Alat Mesin Pertanian Muhammad Hatta.

Diketahui, sampai saat ini belum juga ada kabar dari Mentan Syahrul. Terkait hal itu Bendahara Umum Partai NasDem, Ahmad Sahroni mengatakan Syahrul saat ini tengah berada di Roma, Italia.

“Sedang tugas negara di Roma, Italia,” kata Sahroni dalam pesan singkat, Jumat (29/9), dikutip dari Katadata.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang dilansir dari laman detik.com, hasil penggeledahan yang dilakukan oleh KPK di rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo adalah sebagai berikut.

Uang Tunai Rp 30 Miliar

Salah satu temuan yang didapat penyidik dari penggeledahan di rumah dinas Syahrul Limpo ialah uang tunai. Uang tersebut terdiri dari pecahan rupiah hingga mata uang asing.

Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri mengatakan uang yang ditemukan di rumah dinas Mentan berjumlah puluhan miliar rupiah. Temuan uang tersebut diduga berkaitan dengan perkara korupsi di Kementan yang diusut KPK.

Uang yang ditemukan penyidik KPK saat menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul berjumlah Rp 30 miliar rupiah.

Dokumen Catatan Keuangan

Selain sejumlah uang, tim penyidik KPK juga menemukan dokumen saat menggeledah rumah dinas Syahrul Limpo.

Dokumen itu mencakup catatan keuangan serta pembelian aset.

Kasus korupsi di Kementan saat ini juga telah dinaikkan ke tingkat penyidikan. KPK belum mengumumkan secara resmi sosok tersangka dari kasus tersebut.

12 Senjata Api

Temuan senjata api juga didapat penyidik KPK dari penggeledahan tersebut.

KPK telah berkoordinasi dengan pihak kepolisian dalam menindaklanjuti temuan senjata api di rumah dinas Syahrul Limpo,

Menurut sumber detik.com, senpi yang ditemukan di rumah dinas Mentan SYL sebanyak 12 buah. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *