Sambut Harhubnas, KSOP Kelas II Bontang Bersihkan Laut dan Pantai

TERASKATA.COM, BONTANG – Sebagai rangkaian Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) Tahun 2023, Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Kota Bontang melaksanakan Gerakan Bersih Laut dan Pantai, pada Kamis (14/09/2023).

Gerakan bersih-bersih itu dilakukan di dua lokasi, yakni di Pelabuhan Tanjung Laut Indah, Kecamatan Bontang Selatan dan Pelabuhan Loktuan, Kecamatan Bontang Utara.

Selain jajaran KSOP Kelas II Bontang, turut hadir pula Wali Kota Bontang, Dandim 0908 Bontang, perwakilan Polres Bontang, dari pihak swasta serta masyarakat.

Kepala KSOP Kelas II Bontang Capt. Alexander Seleng Allokendek mengatakan, Harhubnas Tahun 2023 ini diisi dengan sejumlah kegiatan. Salah satunya aksi bersih laut dan pantai. Tujuannya agar kegiatan secara langsung memberi manfaat bagi lingkungan sekitar.

Dia menambahkan, gerakan bersih pantai ini merupakan agenda rutin untuk menanggulangi sampah. Dan selaras dengan program pemerintah kota untuk kebersihan lingkungan.

“Kenapa di pelabuhan? Saya mau liat pelabuhan bersih dan karena pelabuhan merupakan pintu ekonomi, jadi harus terlihat bersih dan indah,” ujarnya.

Dia bilang, sejumlah kegiatan juga telah dilakukan pihaknya. Seperti kegiatan donor darah, dan beberapa lomba olahraga. Dengan tujuan membangun sinergi dan kolaborasi antara satkeholder.

“Puncak acara nanti pada tanggal 17 September melalui upacar resmi di Kantor KSOP Kelas II Bontang,” katanya.

Diakhir Capt. Alex menyampaikan, pada momentun harhubnas tahun ini juga mengkampanyekan keselamatan pelayaran sesuai dengan tema harhubnas 2023 “Melaju untuk Transportasi Maju”.

Sementara, Wali Kota Bontang Basri Rase yang hadir mengapresiasi kegiatan yang digelar KSOP Kelas II Bontang. Dia berharap program seperti ini menjadi program berkelanjutan.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan bentuk komitmen bersama untuk menjaga laut tetap bersih.

“Mudah-mudahan semua stakeholder komitmen untuk menjaga laut, pantai agar tetap bersih,” katanya.

Sebelum aksi bersih laut dan pantai, dilakukan pembagian life jacket kepada kelompok nelayan pas kecil dan pemilik kapal wisata. Kemudian dilanjutkan dengan penandatanganan komitmen bersama untuk menjaga kebersihan laut dan pantai. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *