Sukses Digelar, Race Ketinting Garapan IPLB Bangkitkan Pelaku UMKM  

TERASKATA.COM, BONTANG – Open Race Ketinting di Selambai, Kelurahan Loktuan berlangsung sukses. Kegiatan garapan Ikatan Pemuda Loktuan Bersatu (IPLB), Laskar Borneo Nusantara (LBN) dan Persatuan Olahraga Ketinting Bontang (POKB) tersebut digelar selama tiga hari, mulai Jumat-Minggu (12-14 Mei 2023).

Selama perlombaan berlangsung, antusias masyarakat untuk menonton balapan kapal ketinting begitu tinggi. Hal itu terbukti dari membludaknya jumlah penonton serta pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM). Penonton tak henti-hentinya berteriak mendukung peserta yang saling bersaing ketat memperebutkan juara.

“Lomba terdiri dari dua kelas. Pertama kelas 200-230 cc underbone, dan kedua kelas 500 cc underbone. Jumlah peserta lebih dari 70 orang yang ikut berpartisipasi,” kata Aco Pion, Ketua Pelaksana Open Race Ketinting Selambai.

Selain dari lokal Bontang, sambung Aco, open race kali ini juga dihadiri peserta dari Kecamatan Muara Badak dan Anggana, serta daerah pulau luar Bontang lainnya.

Perlombaan ini juga mendapat dukungan penuh dari pihak kelurahan, Koramil 0908-01, Pos Angkatan Laut (POSAL), Bhabinkamtibmas, LPN, Karang Taruna, forum RT Kelurahan Loktuan, serta sejumlah organisasi masyarakat (Ormas).

“Dari acara ini, banyak juga pelaku usaha yang gembira. Mereka senang karena omzetnya naik hingga menjadi lima kali lipat dibandingkan hari biasa. Mereka berharap kegiatan seperti ini bisa terus dilanjutkan demi menunjang ekonomi masyarakat,” bebernya.

Ketua RT 01 Selambai Loktuan, Arifin mengaku sangat mendukung race laut terbuka ini. Ia menilai, kegiatan tersebut selain dapat menjadi ajang silaturahmi antar pembalap, juga mendukung peningkatan pariwisata dan UMKM yang ada di Bontang.

“Ini sejalan dengan program pemkot. Semoga ke depan fasilitas penunjang pariwisata dan arena balap ini bisa lebih diperhatikan.

Berdasarkan hasil lomba, didapati enam orang pemenang dari masing-masing kelas. Untuk kelas 200-230 cc, juara satunya diraih oleh Unang dari Tim Heya Vafo. Kelas 500 cc dimenangkan Syam Al dari Tim Pemburu Dolar. Masing-masing pemenang mendapatkan tambahan hadiah uang Rp 6 juta. Untuk juara di kelas 200-230 cc, ditambah hadiah berupa satu unit mesin 7,5 hp. Kemudian untuk kelas 500 cc, ditambah dua unit mesin 25 hp. Total keseluruhan hadiah tersebut mencapai Rp 15 juta. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *