Hadapi Bontang Pasca Migas, Rustam Minta Dispopar Kembangkan Potensi Wisata

TERASKATA.COM, BONTANG – Dalam rangka menghadapi Bontang pasca migas, Ketua komisi II DPRD Bontang, Rustam meminta pemerintah lebih aktif menggali potensi pariwisata di Kota Bontang Kalimantan Timur.

Menurut Rustam, pengembangan sektor pariwisata ini menjadi salah satu opsi yang paling potensial dalam menumbuhkan kembali perekonomian pasca migas. Maka harus dipersiapkan secara matang jauh-jauh hari.

Tak hanya itu, dengan pengembangan potensi wisata, Rustam yakin akan menumbuhkan sektor-sektor lain, seperti ekonomi kreatif dan peningkatan UMKM yang menjadi salah satu sumber Pendapatan Asli Daerah (PAD).

“Selama ini Bontang masih bergantung pada sektor migas. Nah kalau sudah habis itu mau di bawa kemana ini Bontang pasca migas. Makanya perlu upaya sejak dini menumbuhkan sektor-sektor lain untuk peningkatan ekonomi, ya salah satunya itu sektor pariwisata,” ungkap Rustam, Senin (01/05/2023).

Hal ini, ujar Rustam, sejalan dengan komitmen pemerintah untuk meningkatkan pariwisata beserta UMKM di Bontang agar lebih unggul dan berdaya saing.

“Pariwisata digalakkan, UMKM di jalankan. Jadi ekonomi maju, bisa mengurangi pengangguran dan menambah kas daerah,” ujar Politisi Golkar ini.

Ia pun meminta Dispopar untuk memaksimalkan kinerjanya dan lebih aktif menggali potensi di sektor pariwisata lain dan membuat rencana kerja yang jelas untuk pengembangan sektor wisata. Selain itu, juga meningkatkan promosi wisata untuk menarik wisatawan datang ke Bontang.

“Upaya mengoptimalkan pengembangan pariwisata ini langkah paling tepat. Apalagi potensi wisata di Bontang ini banyak memiliki daya tarik. Jadi harus digarap serius sama dinas terkait, karena ini bisa menopang pertumbuhan ekonomi pasca migas. Apalagi Setau saya Tahun 2025 PT Badak sudah habis kontraknya dengan PT Pertamina,” tutupnya. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *