Longsor di Belimbing, 3 Rumah Warga Tertimpa Pagar Perusahaan, Dewan Minta Segera Ditangani

TERASKATA.COM, BONTANG – Akibat hujan deras yang mengguyur Kota Bontang, Kalimantan Timur, mengakibatkan tiga rumah milik warga di Kelurahan Belimbing, Bontang Barat, nyaris rata tertimpa longsor.

Sekretaris Komisi III DPRD Bontang, Abdul Samad mengatakan, hujan deras yang terjadi pada Kamis (20/04/2023), menyebabkan pagar pembatas milik salah satu Perusahaan di wilayah itu menghantam dinding rumah warga.

“Hari ini di ujung Bulan Ramadan dapat informasi dari warga dan meninjau langsung terjadi tanah longsor, akibat hujan deras kemarin runtuhnya pagar perbatasan lahan milik perusahaan, yang mengakibatkan pagar rumah pak Agus Putranto, di Perum Pesona Bukit Sintuk Blok G1 No.20 RT 50 rusak,” ucap Abdul Samad, Jumat (21/04/2023).

Aco, sapaannya, meminta agar pihak perusahaan yang bersangkutan dan pihak terkait bisa segera menangani masalah tersebut, agar tidak terjadi longsor susulan.

“Harus segera bisa melakukan penanganan secara cepat untuk menghindari terjadinya longsor susulan, jangan sampai rumah warga ambruk,” timpalnya.

Sementara itu, Bhabinkamtibmas Kelurahan Belimbing, Bambang Sumantri mengatakan, longsor terjadi di RT 45 dan 50. Yang paling terdampak adalah satu rumah warga di RT 45. Karena rumahnya  merupakan bangunan bermaterial kayu yang tak kuat menahan tumpahan tanah yang longsor.

“Jadi dindingnya langsung kena dan hampir ambruk semua,” ujar Bambang.

Sementara l di RT 50 Perumahan Pesona Bukit Sintuk, longsor hanya menimpa kandang ayam. Meski demikian, menurut Bambang kemungkinan akan ada potensi hujan dan longsor, lantaran kondisi tanah yang labil dan pagar yang semakin miring.

“Karena ditakutkan ada longsor susulan, Tiga pemilik rumah saat ini dievakuasi kerumah keluarga,” tandasnya. (YS)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *